Mengatasi Kurangnya Cahaya dalam Tanaman Hidrogel

Salah satu kendala tanaman yang ditanam dalam media hidrogel adalah kurangnya cahaya matahari, hal ini wajar karena tanaman ditempatkan dalam ruangan sehingga cahaya matahari sangat minim.

Beberapa cara bisa dicoba untuk mengatasi persoalan ini, antara lain:

1. Penempatan tanaman di dekat jendela

Tanaman diletakkan di dekat jendela bisa memberikan kemungkinan tanaman terpapar sinar matahari lebih besar, meskipun kadang – kadang durasinya tidak terlalu lama. Tetapi minimal bisa memberikan cukup waktu kepada tanaman untuk tumbuh secara optimal.

2. Pengaturan waktu pengenaan sinar matahari

Yang dimaksud pengaturan waktu ini adalah tanaman bisa ditempatkan di area yang lebih banyak sinar matahari secara bergiliran di antara beberapa tanaman. Tetapi yang patut dicatat, diharapkan tanaman tidak terkena langsung siar matahari yang terik karena akan menyebabkan hidrogel akan cepat menyusut.

3. Pemberian lampu khususgrowlight60

Jika dua langkah di atas tidak memungkinkan untuk dilakukan, maka solusi berikutnya adalah pemberian lampu khusus yang disebut grow light, lampu ini berupa lampu LED yang memang khusus didesain untuk tanaman agar tetap bisa tumbuh meskipun di dalam ruangan. Biasanya merupakan kombinasi lampu LED warna biru dan merah yang bervariasi jumlahnya.

Selain berfungsi sebagai pengganti sinar matahari, lampu LED ini juga bisa menciptakan suasana lain dalam ruangan, kombinasi warna biru dan merah membuat ruangan semakin semarak.

Untuk membelian lampu ini, silahkan hubungi kami atau bisa beli langsung di sini

Recommended Reading

Discuss

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*