Mencari media tanam hidroponik

Beberapa waktu yang lalu ada email masuk ke inbox kami. Isinya kurang lebih adalah pertanyaan apakah hidrogel ini bisa digunakan sebagai media tanam hidroponik? Apakah kualitasnya sama atau benar – benar bisa menggantikan tanah? Lalu bagaimana dengan daya tahannya?
Sejatinya hidrogel ini ada karena kebutuhan media tanam hidroponik. Kehadiran hidrogel ini memang dimaksudkan sebagai media hidroponik. Bagaimana dengan kualitasnya? Apakah bisa benar – benar bisa menggantikan tanah?
Secara kualitas, hidrogel digunakan sebagai pengganti tanah, oleh karena itu beberapa karakteristik tanah ada pada hidrogel, tetapi karena bukan murni tanah tentu saja tidak Semua hal di tanah ada pada hidrogel. Tidak Semua tanaman bisa ditanam pada hidrogel, hanya tanaman “basah” saja yang bisa hidup baik di hidrogel. Bayam, kangkung, sawi, caisim adalah contoh sayuran yang bisa hidup pada hidrogel.
Daya tahan hidrogel ini juga sangat lama. normalnya akan bertahan sekitar 2 tahun, tetapi dalam prakteknya hidrogel ini bisa bertahan lebih lama lagi. Biasanya setelah mencapai titik life time nya, hidrogel akan pecah-pecah dan mengalami kejenuhan dengan air. Hidrogel tidak bisa lagi menyerap air dengan baik. Jika hidrogel dicampur dengan tanah hidrogel akan “menyatu ” atau berubah menjadi tanah.

Recommended Reading

Discuss

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*