Menanam Kangkung Darat dalam media hidroponik hidrogel

Selama ini kita banyak menggunakan air sebagai media hidroponik, sebenarnya banyak media lain yang bisa digunakan sebagai media hidroponik, misalnya arang, sekam bakar, dll. Satu hal yang sering kita lupakan adalah media hidrogel.kangkung dalam hidrogel

Apa keunggulan hidrogel dibanding media lain? Sebagai media hidroponik, semua media akan menggantikan fungsi tanah sebagai media tanam. Jika selama ini kita menggunakan air sebagai media hidroponik, maka hidrogel memiliki karakteristik yang sangat mirip dengan air.
Jika air berbentuk cair, maka hidrogel cenderung antara padat dan cair, berbentuk gel.Keunggulan lain adalah bahwa hidrogel mampu “mempertahankan” nutrisi lebih lama dari pada media air, karena nutrisi akan juga masuk ke dalam hidrogel yang nantinya akan dimakan oleh tanaman.
Salah satu yang sangat cocok ditanam dalam media hidrogel adalah sayur kangkung. Kangkung sangat menyukai berada di tempat lembab, bahkan cenderung berada di air menggenang, hanya batangnya berada di atas air, sementara semua akarnya berada di air.
Dalam contoh foto di samping, kangkung ditanam dalam media hidrogel, nutrisi yang digunakan adalah AB-Mix merk Nutri-J.
Bibit kangkung disemai dulu di dalam rockwoll, jika sudah cukup umur dipindahkan ke media tanam, disekitar rockwoll ditaburi hidrogel yang sudah direndam dalam larutan AB Mix.

Recommended Reading

Discuss

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*