Bertani kotor? Pasti belum kenal hidrogel

Adanya anggapan bahwa petanian itu kotor dan becek menyebabkan generasi muda enggan untuk menekuni dunia pertanian. Padahal dunia pertanian tidak selalu berkaitan dengan tanah yang becek dan kotor. Pertanian bisa menggunakan media tanam bukan tanah seperti styrofoam atau polystyrene, arang, hidrogel dan lainnya.hidrogel pertanian

Menurut Dosen Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Ir. Agung Astuti, M.Si memaparkan dalam diskusi terbatas ‘Rendahnya tingkat kesadaran Generasi Muda terhadap Pertanian’ di Kampus Terpadu UMY Senin Sore (21/02/2011).

Sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran generasi muda terhadap hal-hal yang berkaitan dengan pertanian salah satunya dengan mengenalkan bahwa bertanam tidak semata-mata menggunakan tanah.

“Banyak media tanam yang bisa digunakan misalnya bertanam dalam hidrogel yaitu bahan polyester yang mempunyai daya serap terhadap air sangat tinggi. Tanaman yang ditanam dalam medium ini akan terlihat lebih menarik dan mempunyai nilai artistik tinggi karena hidrogel seperti kristal berwarna-warni yang dapat memantulkan cahaya. Ini pasti akan menarik bagi anak-anak muda,” urainya.

Menurut ensiklopedia Wikipedia, hydrogel adalah suatu jaringan rantai-rantai polimer yang mudah menyerap air, hidrogel adalah polimer penyerap super (superabsorbent), ia dapat mengandung air hingga 99%. Hidrogel adalah kristal-kristal pengisap air, mampu menyerap air 600 kali dari bobotnya. Kristal-kristal ini tampak seperti butiran-butiran kecil kwarsa sebelum jenuh dengan air, dan mirip cabikan jeli jernih bila air ditambahkan.

 

Sumber:

  • http://www.muhammadiyah.or.id/news-59-detail-anggap-bertani-kotor-generasi-muda-enggan-tekuni-pertanian.html
  • Wikipedia

Recommended Reading

Comments IconOne comment found on “Bertani kotor? Pasti belum kenal hidrogel

Discuss

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*